Gaungkan Lumbung Pangan Desa, Jan Samuel Maringka Siap Bangun Sulut

Penulis: Hendro Karundeng


ELEKTORAL.ID, Manado – Komitmen untuk membangun dunia pertanian demi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut), terus diperagakan Jan Samuel Maringka.

Saat menghadiri undangan perayaan Hari Ulang Tahun Negeri Rurukan ke-176 belum lama ini, ajakan itu ia gaungkan dari desa wisata pertanian ini.

“Mari kita wujudkan lumbung pangan desa Sulawesi Utara 2025-2030,” kata Maringka yang disambut tepuk meriah dari ribuan warga Rurukan yang tengah menikmati sukacita.

Di Kanonang raya, upaya mewujudkan lumbung pangan desa ditegaskan dengan mengajak para petani melakukan budidaya kacang koro.

Kepedulian dalam pertanian di Sulut memang terus digaungkan Jan Samuel Maringka di berbagai tempat. Ia intens sosialisasi. Salah satunya soal pengembangan dan manfaat kacang koro untuk mendukung ketahanan pangan, dan bisa menjadi lumbung-lumbung pangan dari setiap desa di Sulut untuk Indonesia.

“Semangat untuk pertanian kita, saya ingin membangun Sulawesi Utara,” kata Maringka di hadapan warga Kanonang raya.

Ia juga menegaskan akan mendorong agar Kanonang bisa menjadi pilot project pengembangan kacang koro.

“Kita akan menjadikan desa Kanonang sebagai daerah percontohan pembangunan industri kacang koro, karena dia bisa diolah menjadi tahu, bisa menjadi tempe, dan juga tepung, bahkan bisa menjadi susu,” terang Maringka.

Menurutnya, kacang koro juga bisa dikembangkan menjadi makanan khas yang memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

“Selain itu juga kalau setelah produksi, dari kacang koro bisa menjadi makanan khas manisan halua, pengganti kenari. Juga menjadi nilai tambahnya kalau kita mampu membangun ini sebagai hilirisasi pertanian yang hidup, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang hidup, lumbung-lumbung pangan desa bisa kita wujudkan,” tandasnya.

Maringka berharap, upaya meningkatkan produktivitas pertanian di desa Kanonang ini, untuk penanaman kacang koro, baik dari aspek perawatan hingga tahap panen bisa menjadi terluas di Indonesia.

“Wujudkan lumbung pangan desa,” tegas Maringka.

Diketahui, sebelum menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Jan Samuel Maringka merupakan Jaksa Agung Muda Intelijen di Kejaksaan Agung RI periode 2017-2020.

Usai itu, ia diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo mengabdi di luar instansi Kejaksaan RI sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian 2022-2023. Ia kemudian mengajukan permohonan berhenti sebagai jaksa yang seharusnya bisa diemban hingga usia 62 tahun.

Sebelumnya, Maringka pernah bertugas di beberapa daerah di Indonesia dalam karirnya sebagai jaksa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini