Youne: Kami Kawal Pemutakhiran Data Pemilih

Penulis: Rikson Karundeng


ELEKTORAL.ID, Tomohon – Kerja bersama semua divisi akan bisa memaksimalkan hasil pemutakhiran data pemilih. Hal itu dituturkan Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Youne Y. P. Simangunsong, usai mengikuti kegiatan “Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Pencermatan DP4 Pilkada tahun 2024′ yang digelar di Wise Hotel Tomohon, Kamis (23/05/2024)

Dijelaskan, divisi yang dia pimpin juga perlu bekerja maksimal untuk mengawal divisi yang menangani proses pemutakhiran data agar bisa makin maksimal.

“Kami berkoordinasi dengan Divisi Data terkait pelaksanaan pemutakhiran data ini. Koordinasinya seperti apa, apa yang akan dilakukan Divisi Data, kita kawal untuk memastikan hak setiap wajib pilih terpenuhi,” kata Youne

“Selain DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) yang jadi patokan itu, juga mungkin melihat ada hal-hal yang terbaru, yang harus mereka mutakhirkan di situ. Contoh, mungkin ada masyarakat yang baru datang dari luar, atau yang meninggal. Jangan lagi ada yang sudah meninggal kemudian masih masuk di data pemilih,” jelasnya.

Youne mencontohkan kasus pada Pemilihan Umum (Pemilu) lalu, di mana ada langkah yang tetap bisa dilakukan untuk warga yang memiliki hak pilih untuk memilih pada hari ‘H’.

“Waktu Pemilu kemarin ada masyarakat yang mungkin belum sempat dikunjungi Pantarlih, tapi hak mereka, hak pilih tetap terfasilitasi,” tandasnya.

“Kita juga harus memastikan Pantarlih ini bekerja maksimal. Kita dari Divisi Hukum dan Pengawasan harus tetap mengingatkan Divisi Data untuk pelaksanaan pemutakhiran data ini,” kuncinya.

Diketahui, sebelumnya Youne sempat menjelaskan jika kerja pengawasan Divisi Hukum dan Pengawasan untuk memastikan seluruh tahapan Pemilihan berjalan dengan baik.

“Kalau pengawasan, itu pengawasan internal. Apakah tahapan berjalan dengan baik, pertanggungjawaban untuk administrasinya baik, itu jadi pokok pengawasan divisi kita. Bagaimana yang kami kerjakan divisi kami di KPU Kota Tomohon, itu juga yang diturunkan ke PPK Divisi Hukum dan Pengawasan,” jelasnya.

“Ibaratnya, pengawasan itu selimutnya KPU. Mereka memastikan divisi-divisi yang lain itu bergerak beriringan, sejalan. Jadi SDM (sumber daya manusia), keuangan, logistik, teknis, data, itu berjalan sesuai tahapan atau sesuai regulasi. Itu yang kami pantau. Memastikan dan mengingatkan divisi yang lain, agar setiap tahapan diikuti dengan baik. Jadi empat divisi yang lain dikontrol oleh Divisi Hukum dan Pengawasan untuk memastikan semua berjalan dengan baik,” terang Youne.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini