Warga Binaan Lapas Narkotika Kanwil Kumham DKI Rayakan Kathina Puja

Elektoral.id, Jakarta – Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta memperingati perayaan Kathina Puja 2567 B.E / 2023 Kathina
Rabu 29 November 2023.

Perayaan ini merupakan hari bakti umat Buddha kepada anggota Sangha, di mana umat Buddha mempersembahkan dana Kathina kepada para anggota Sangha (Bhikkhu) setelah mereka melewati masa vassanya.

Melalui perayaan ini, Kanwil Kemenkumham DKI memberikan penghargaan kepada para bhikkhu atas dedikasinya dalam memberikan pembinaan kepada umat Vihara Cetiya Sila Ratana di Lapas Narkotika.

“Ini adalah bentuk apresiasi kepada para pemuka agama Buddha,” ucap Kalapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Fonika Affandi yang didampingi jajaran pejabat struktural.

Ia menyampaikan kepada umat Buddha untuk selalu penuh dengan keyakinan dan bahagia pada saat perayaan Kathina.

“Sebagai umat Buddha, untuk penuh dengan keyakinan dan bahagia pada saat sebelum, saat dan setelah memberi dana yang di mana dana merupakan salah satu bentuk praktik pelepasan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan praktik dana dapat mengikis kemelekatan pada diri seseorang serta barang atau sesuatu yang diberikan merupakan hasil dari perbuatan yang benar dengan demikian kita dapat memperoleh manfaat dan meningkatkan kualitas batin kita,” kata Fonika.

Sementara, salah satu pemuka agama Buddha Y.M. Bhikku Sannano Darmawan menyampaikan kepada umatnya untuk selalu menjaga jasmani dan rohani. “Pertama jaga kesehatan jasmani kita dengan baik, dengan makanan dan minuman yang baik,” ujarnya.

Kedua, lanjut Sannano, untuk menjaga rohani umatnya yakni dengan rajin ketempat ibadah. Ia berharap umatnya dapat menata masa depan lebih baik dengan tidak melakukan kesalahan lagi di masa depan.

“Ketiga selalu berhubungan yang baik kepada semua makhluk mewujudkan cinta kasih, perbuatan kebenaran serta kasih sayang,” Sannano menuturkan. (Imo)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini