Sosialisasi Pemilih Pemula, Datu Kenalkan KPU dan Paparkan Tahapan Pilkada

Penulis: Rikson Karundeng


ELEKTORAL.ID, Tomohon – Sejumlah pemilih pemula dari 16 SMA/SMK se-Kota Tomohon, diperkenalkan tentang berbagai hal terkait Pemilihan Umum (Pemilu). Informasi itu disampaikan  Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Tomohon, Rojer R. Datu dalam kegiatan ‘Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bagi Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024’ yang digelar di Grand Master Resort, Kamis (6/6/2024).

“Dalam kegiatan sosialisasi ini, kami memaparkan dan menjelaskan materi yang memuat substansi. Khususnya tahapan, program, dan jadwal Pemilu atau Pemilihan,” kata Datu kepada sejumlah wartawan, usai menyampaikan materi kepada para peserta.

Selain itu, Datu juga menjelaskan tentang proses dan tata cara teknis penyelenggaraan Pemilihan, tugas dan wewenang KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

“Materi lain yang relevan dengan tujuan sosialisasi berupa jadwal dan tanggal pemungutan suara Pemilihan, hak dan kewajiban pemilih dalam setiap tahapan Pemilihan, serta informasi yang sesuai terhadap kondisi penyelenggaraan Pemilihan di masing-masing wilayah,” terangnya.

Peserta juga mendapatkan informasi terkait demokrasi dan partisipasi publik.

“Substansi pendidikan pemilih dalam kegiatan pendidikan pemilih pada Pemilihan yakni demokrasi dan partisipasi masyarakat, sistem dan tahapan Pemilu dan Pemilihan, upaya membangun sinergi dan kolaborasi dengan komunitas dan atau kelompok, manajemen konflik dalam Pemilu dan Pemilihan, upaya menumbuhkan sikap kesukarelawanan dalam Pemilu dan Pemilihan, muatan lokal atau materi lain yang relevan dengan tujuan pendidikan pemilih,” papar Datu.

Diketahui, dalam sosialisasi ini hadir 5 orang siswa pemilih pemula dari tiap SMA/SMK di kota Tomohon. Tampil sebagai pemateri, Tenaga Ahli Bawaslu RI, Wenly Lolong, Komisioner Bawaslu Tomohon, Yossi Korah, Ketua KPU Tomohon, Albertien G. V. Pijoh, serta Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Tomohon, Rojer R. Datu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini