Sespim Polri Gelar Pameran Bonsai dan Suiseki

BULAN BAKTI POLRI, HUT BHAYANGKARA KE-77

Penulis: Happy CH Karundeng


BANDUNG – Sespim Lemdiklat Polri menggelar Pameran Bonsai dan Suiseki di lapangan Djayusman Sespim Lemdiklat Polri, Senin-Rabu (26-26/6/2023). Kegiatan ini dilakukan, dalam rangka hari Bhayangkara ke 77 yang mengusung tema ‘Polri presisi untuk negeri, pemilu damai menuju indonesia emas’.

Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si menyebutkan, pameran Bonsai dan Suiseki ini pertama kali dilakukan di Sespim.

“Ini merupakan pertama kali diadakannya pameran bonsai dan suiseki yang dilaksanakan di Sespim Lemdiklat Polri. Semoga dengan adanya pameran ini, membuka kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan baik oleh Sespim Lemdiklat Polri maupun di Sespim Lemdiklat Polri,” katanya Jenderal Bintang Dua ini.

Ia menjelaskan, Pameran Bonsai dan Suiseki adalah bagian dari Art policing atau pemolisian melalui pendekatan seni budaya dan pariwisata.

“Melayani dengan hati adalah ‘core’ dari pemolisian. Karena dalam kehidupan sosial kemasyarakatan ada nilai-nilai, etika, norma, moral, seni, dan budaya yang hidup, tumbuh, dan berkembang di kalangan masyarakat,” katanya.

Implementasi art policing dapat mengacu pada model community policing yang dapat berbasis wilayah atau area juga dilakukan pada kelompok-kelompok kategorial atau komunitas maupun yang berbasis dampak masalah.

“Upaya polisi dalam pemolisiannya untuk mendekatkan dan mendapat kepercayaan masyarakat yang dilayaninya dapat dilakukan dengan seni dan budaya,” ujarnya.

Pembukaan pameran yang dihadiri oleh Bupati Jawa Barat yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Drs. Meidi. M.Si., Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., Kasespimma Sempim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiyono, S.I.K., M.Si., beserta jajarannya, dan perwakilan Peserta Didik Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri angkatan ke-69.

Pemukulan gong yang dilakukan oleh Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., menjadi simbolis telah dibukanya pameran bonsai dan suiseki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini