Seska Ervina Budiman Tolak Tawaran Jadi Caleg Provinsi


ELEKTORA.ID, Tutuyan – Ada yang menarik saat kunjungan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulut, Victor Mailangkay, ke rumah dinas Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto S.Sos, MSi, dalam rangka lebaran, Minggu (23/4/2023). Kunjungan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut ini tak sekadar silaturahmi, namun juga membawa misi partai.

Di sela-sela silaturahmi ini, pengurus Nasdem Sulut meminta kesediaan istri dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Boltim, Seska Ervina Budiman S.Sos, agar bersedia maju dalam pemilu legislatif (Pileg) mewakili perempuan ke DPRD Sulut dari daerah pemilihan Bolaang Mongondow Raya (BMR). Kurang lebih empat jam Victor terlihat berkomunikasi serius bersama Ketua dan Sekretaris Nasdem Boltim meyakinkan Seska agar bersedia menerima tawaran mereka.

Hasilnya? Victor, pengurus Nasdem Sulut beserta Nasdem Boltim, harus menelan kekecewaan. Seska bergeming pada prinsipnya. Ketua Tim Penggerak PKK Boltim ini menyebut, alasan dirinya mundur dari DPRD Boltim saat suaminya dilantik sebagai Bupati adalah untuk tidak membangun dinasti politik. “Saya berharap bisa konsisten dengan sikap saya tersebut,” ujarnya.

Walau kecewa, Victor mengaku bangga dengan sikap istri Bupati Boltim ini dan menghormati pilihan politiknya. “Saya kecewa karena Ibu Seska tidak bersedia dicalonkan ke DPRD provinsi oleh Nasdem. Tapi, kalau soal komitmennya, saya bangga dengan sikap kenegarawanan dari Bupati Boltim dan istrinya.”

Menurut Victor, wajar dirinya kecewa. Tugas memenangkan pileg mengharuskan dirinya dan seluruh jajaran pengurus Nasdem berupaya merekrut figur-figur yang potensial mendulang suara besar. Tak dipungkiri, sosok Seska adalah salah seorang tokoh yang layak dibidik.

“Saya berharap istri Bupati Boltim mau mempertimbangkan lagi tawaran kami. Kami sangat ingin dia dapat menggenapkan kuota perempuan untuk caleg provinsi dari BMR,” kata Victor.

Menurut Victor, keberadaan Seska ke DPRD Sulut tidak akan menimbulkan konflik kepentingan berkaitan dengan jabatan suaminya. “Tidak akan menimbulkan conflict of interest, kan bukan di DPRD kabupaten,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPD Nasdem Boltim, Muhamad Jabir. Jabir berharap, Seska bisa mempertimbangkan kembali permintaan Nasdem. “Kami sangat senang jika Ibu Seska bersedia jadi caleg provinsi,” harapnya.

Seska Ervina Budiman mengungkapkan, dia tetap akan membantu membesarkan Nasdem di Boltim, walaupun tidak menjadi anggota DPRD provinsi atau kabupaten. Soal keinginan jadi caleg atau tidak, Bupati Boltim menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Seska. “Jadi ini menyangkut komitmen dan Pak Bupati menyerahkan segala keputusan pada saya,” ungkapnya. (RL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini