Seluruh Warga Sulut Diharapkan Paham Semua Tahapan Pilkada


Penulis: Lefrando Gosal
Editor: Rikson Karundeng


ELEKTORAL.ID, Tondano – Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) diharapkan bisa berpartisipasi aktif dalam seluruh tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada). Hal itu diungkapkan pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut, Salman Saelangi, saat melakukan sosialisasi tahapan pilkada di Balai Desa Tandengan, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa, Jumat (24/7).

Menurutnya, sosialisasi dilakukan hingga ke desa dan kelurahan oleh penyelenggara Pilkada 2020 dengan harapan seluruh warga Sulut bisa memahami bagaimana tahapan berlangsung hingga hari pemungutan suara nanti.

“Pelaksanaan sosialisasi yang kami lakukan targetnya sampai ke basis-basis kecamatan-kecamatan. Target kami ingin memberikan pemahaman. Pertama, bagaiaman proses kelanjutan pilkada itu sendiri yang kemarin telah ditunda bulan Maret, tepatnya tanggal 21 Maret 2020 dengan surat keputusan KPU dan dilanjutkan lagi pada 15 Juni 2020,” kata Salman.

“Kemudian bagaimana tahapan-tahapan itu sampai pemungutan suara 9 Desember 2020, dan tahapan penetapan calon pemilih itu paling ujung. Agar masyarakat memahami tahapan tersebut dan bisa berpartisipasi pada setiap tahapan,” sambungnya.

KPU berharap, masyarakat nantinya dapat berpartisipasi maksimal pada setiap tahapan pilkada.

“Tentunya diharapkan masyarakat mampu memberikan pertisipasi secara maksimal pada tahapan-tahapan tersebut. Artinya, partisipasi mayarakat ini bukan hanya nanti pada 9 Desember di pemungutan suara tapi pada tahapan-tahapan sebelumnya,” jelasnya.

Salman mencontohkan, pada tahapan pemutakhiran data pemilih, pada saat kampanye, dan juga pada saat pendaftaran calon sebelum kampanye, itu juga sangat membutuhkan partisipasi masyarakat.

“Agar tujuan akhir, goal yang boleh kami capai adalah masyarakat di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan di Sulawesi Utara bisa memahami bagaimana proses pilkada, bagaimana kemudian dapat memilih dengan pilihan yang baik,” tandas Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Sulut ini. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini