Seleksi FLS2N Tuntas, Dikbud Tomohon Siap Utus Siswa Terbaik ke Tingkat Provinsi

Penulis: Hendro Manongko
Editor: Rikson Karundeng


ELEKTORAL.ID, Tomohon – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Tomohon menggelar seleksi peserta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kota, untuk Sekolah Dasar (SD).

Hal Itu dikatakan Dra, Selvie J. A. Poluan, M.A.P., Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) ketika diwawancarai di ruang kerjanya usai seleksi digelar, Kamis (29/7/2021).

“Ini seleksi tingkat kota. Sekolah yang telibat seleksi untuk penyanyi solo 38 peserta, gambar bercerita 7 peserta. Itu setiap sekolah mengutus satu peserta,” ucap Poluan.

Selvie Poluan

“Dalam setiap mata lomba ini, akan diambil tiga besar untuk dipersiapkan di tingkat provinsi dengan mengirim video. Untuk pantomim hanya dua sekolah yang terlibat, begitu juga dengan seni tari. Otomatis ini langsung diutus di tingkat provinsi,” jelas Poluan.

Ditanya soal hasil evaluasi terhadap lomba tersebut, menurutnya dengan adanya pembatasan pembelajaran tatap muka langsung, sekolah agak kesulitan untuk menggali minat bakat siswa.

“Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, yang ikut hanya 75 persen Sekolah Dasar. Karena di sejumlah sekolah lain sangat sulit untuk menemukan minat bakat siswa. Berbeda di saat kondisi normal, keikutsertaan siswa sangat antusias,” tutur Poluan.

Ia mengaku, walau dengan berbagai pembatasan yang dilakukan saat pandemi Covid-19, secara kualitas masih ditemukan. Ia pun meyakini peserta yang berhasil terjaring sebagai yang terbaik, akan mampu bersaing sampai kancah nasional.

“Secara kualitas tetap masih ada siswa yang terlihat. Saya optimis melalui potensi siswa ini mampu bersaing sampai di kancah nasional,” ungkap Poluan.

Ia berharap, selesai tahap seleksi ini, mereka harus terus berlatih untuk nantinya bersaing di tingkat provinsi bahkan nasional. (*)

Utusan Lima Mata Lomba di Tingkat Provinsi:

Lomba Menyanyi Tunggal
Lindsy Rambitan, SD Katolik Sta. Clara Tomohon
Shawn Lalele, SD GMIM I Woloan
Veleoney L. Wuntuan, SD GMIM Kinilow

Seni Tari
SD Katotolik St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen
SD Inpres Kakaskasen Satu

Pantomim
SD Inpres Kakaskasen Satu
SD Fr. Don Bosco Tomohon

Lomba Gambar Bercerita
Viana Klarissa, SD GMIM II Tomohon
Prayer Pitoy, SD GMIM I Tomohon
Aditio Singal, SD Negeri Lahendong

Kriya Anyam
Januard Mongdong, SD GMIM Kinilow
Kanaya Goni, SD GMIM I Tomohon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here