Resmi, Pemilu Tahun 2024 Kota Tomohon Miliki 4 Dapil

ELEKTORAL. ID, Jakarta – Perjuangan panjang agar Kota Tomohon miliki 4 Daerah Pemilihan (Dapil) di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 akhirnya terwujud. Dalam audience antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulewsi Utara (Sulut), KPU Kota Tomohon, Pemerintah Kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon dengan Deputi Teknis, Eberta Kawima, KPU Republik Indonesia (RI), dipastikan bahwa Dapil Kota Tomohon menjadi 4.

“PKPU 6 Tahun 2023 tentang daerah pemilihan dan jumlah kursi hari ini terbit. Salah satu isinya adalah Dapil di Kota Tomohon berubah dari 3 menjadi 4,” ujar Kawima sembari disambut aplaus oleh kontingen dari Tomohon yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, Ketua Fraksi Partai Golkar Miky Wenur, Ketua Komisi 1 James Kojongian, Ketua Fraksi Restorasi Nurani Cherly Mantiri, Anggota Santi Runtu dan Cristo Eman, Asisten 1 Oktavianus Mandagi, Ketua dan anggota  KPU Provinsi Meidy Tinangon dan Salman Saelangi, Ketua dan anggota KPU Tomohon Harryanto Lasut, Robby Golioth, Stenly Kowaas dan Jacobus Wowor.

Kawima menjelaskan, dengan berubah menjadi 4 Dapil, maka kursi di Dapil 1 (Tengah-Timur) menjadi 8, Dapil 2 (Selatan) 6 kursi, Dapil 3 (Barat) 4 kursi, dan Dapil 4 (Utara) 7 kursi. “Semoga ini bisa membawa kemanfaatan untuk kemajuan demokrasi di Kota Tomohon,” harapnya.

Ketua KPU Kota Tomohon, Harryanto Lasut mengaku, hal ini merupakan legacy yang bisa ditinggalkan 5 komisioner KPU Kota Tomohon yang nantinya akan paripurna tugas pada Juni mendatang.

“Ini hadiah terindah sekaligus persembahan terakhir dari kami dalam kapasitas sebagai komisioner. Harapannya, bertambahnya Dapil dan jumlah kursi di DPRD Kota Tomohon bisa berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon dan lebih khusus lagi untuk demokrasi kepemiluan di kota tercinta ini,” ungkap Lasut yang diamini Golioth, Kowaas dan Wowor.

(Leon Wilar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini