Rayakan HUT RKKA, Senator Stefa Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI

Penulis: Hendro Karundeng
Editor: Lefrando Gosal


ELEKTORAL.ID, Tomohon – Anggota Badan Sosialisasi Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI), Ir. Stefanus B.A.N. Liow, M.A.P., Selasa (21/2/2023), menyosialisasikan Empat Pilar di Terung LW Kelurahan Pangolombian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Sosialisasi dilaksanakan kerja sama Sekretariat MPR-RI dengan Rukun Kace Kai Ang (RKKA). Hadir sebagai peserta sosialisasi, anggota RKKA dan sejumlah masyarakat.

Di hadapan peserta sosialisasi, Senator Stefa mengatakan, sebagai bagian dari 575 anggota MPR-RI, tentu dirinya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR-RI.

Ia sendiri, selang empat tahun terakhir terus menyosialisasikan Empat Pilar MPR-RI di semua kalangan. Entah itu masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, bahkan elemen masyarakat serta organisasi kemasyarakatan.

Dalam materinya, Senator Stefa yang saat ini mengetuai Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD-RI menjelaskan apa dan bagaimana implementasi Empat Pilar.

Empat Pilar terdiri dari pertama, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, yang menjadi landasan pokok dan landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia.

Kedua, UUD NRI Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional bangsa Indonesia yang menjadi hukum dasar dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara yang dipilih oleh bangsa Indonesia, yang lahir dari pengorbanan jutaan jiwa dan raga para pejuang bangsa, sebagai komitmen bersama mempertahankan keutuhan bangsa.

Pilar keempat adalah Bhineka Tunggal Ika, yang dapat diartikan walaupun bangsa Indonesia mempunyai latar belakang suku, agama, ras, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, tetapi tetap satu sebagai bangsa Indonesia.

”Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini adalah untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali komitmen seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Senator Stefanus B.A.N. Liow.

Dalam mendukung pelaksanaan pemasyarakatan Empat Pilar MPR-RI, MPR-RI telah menyusun buku-buku dan bahan tayang materi Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI sebagai referensi bagi para narasumber dan masyarakat tentang sejarah, tantangan, perkembangan dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila, UUD 1945 dan Ketetapan MPR-RI, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Ketua Rukun Kace Kai Ang (RKKA), Pdt. Rio Tumbelaka, M.Th., mengapresiasi Senator Stefanus B.A.N.Liow, M.A.P., yang telah memberikan pencerahan dan mengingat-ingatkan kembali tentang Empat Pilar MPR-RI.

”Kita masyarakat Indonesia memang harus terus diingatkan tentang Empat Pilar MPR-RI, karena sesungguhnya semua nilai untuk berbangsa dan bernegara telah terkandung dalam Empat Pilar MPR-RI itu,” kata Pdt Rio yang keseharian sebagai Ketua BPMW Belang.

Selain Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI, kegiatan diisi juga dengan penanaman pohon oleh perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta insan pers dan Senator Ir. Stefanus B.A.N. Liow, M.A.P.

Kegiatan penanaman pohon merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Senator Stefa selain sosialisasi Empat Pilar MPR-RI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini