Prinsip Dasar Penyenggara Pemilu, Ketua DKPP: Jaga Stabilitas Politik Nasional

Elektoral.id, Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito mengungkapkan pentingnya untuk menjaga dan memperhatikan stabilitas politik nasional.

“Penting untuk kita jaga agar tidak terjadi lonjakan-lonjakan di masyarakat,” kata Heddy saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Gedung Nusantara, Jakarta Pusat, Senin(6/2).

Menurutnya peraturan yang dihasilkan sudah mengakomodir sesuai dengan undang-undang, namun harus terus menjunjung tinggi prinsip demokrasi, humanity, dan tanpa diskriminasi. Karena hal tersebut, lanjut Heddy, akan menjadi dasar bagi penyelenggara pemilu, peserta pemilu, stakeholders terkait, serta masyarakat sebagai pemilih.

“Pemilu harus menjaga hak konstitusional semua warga negara, tanpa membedakan ras, agama, suku, adat, dan budaya,” ujarnya.

Sebagai informasi, RDP ini membahas peraturan Komisi Pemilihan Umum tentang daerah pemilihan dan alokasi kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Diketahui, dalam RDP tersebut turut hadir para anggota DKPP yakni J.Kristiadi, Ratna Dewi Pettalolo, Muhammad Tio Aliansyah, dan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini