PPK Mulai Tangani Verfak Bapaslon Perseorangan

Robby Golioth


Penulis: Anugrah Pandey
Editor: Lefrando Gosal


ELEKTORAL.ID. Tomohon – Tahapan verifikasi faktual (Verfak) bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota/Wakil Wali Kota Tomohon dari perseorangan yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS), berakhir Minggu (12/7). Babak baru pun bergulir. Hasil Verfak dari PPS kini ditangani Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Proses rekapitulasi hasil Verfak pula digiatkan.

Hal ini ditegaskan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Robby Golioth, Senin (13/7).

“Tanggal 14 Juli 2020 akan dilaksanakan rekapitulisasi hasil Verfak oleh PPK. Sesudah itu, baru di tingkat KPU. Memang ada yang memenuhi syarat dan tidak. Hasil akhir nanti akan kelihatan setelah rekapitulasi di tingkat KPU,” ujar Golioth.

Bila hasil rekapitulasi mencapai jumlah minimum, yakni 7.097 pendukung maka pasangan bakal calon dari perseorangan dinilai layak masuk di pencalonan Wali Kota/Wakil Wali Kota.

“Tetapi kalau ternyata tidak memenuhi syarat, KPU akan memberikan kesempatan ke bakal calon untuk melakukan perbaikan,” kata Golioth.

Senada disampaikan Ketua KPU Kota Tomohon, Harryanto Y. S. Lasut. Verfak bakal calon perseorangan di tingkat kelurahan memang sudah selesai. Namun tahapannya masih berlangsung. Saat ini, Verfak tersebut akan dilanjutkan ke proses rekapitulasi di tingkat kecamatan atau PPK.

Diakui, meski di situasi pandemi virus korona, selama pelaksanaan Verfak oleh PPS, tidak ada kendala.

“Hasil Verfak bakal calon perseorangan akan diketahui setelah melewati proses rekapitalisasi KPU. Itu pasti diumumkan ke publik,” singkat Lasut. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini