Polres Jaksel Lakukan Pengecekan Pos Satkamling Mampang, Kapolres: Aktifkan Terus Satkamling Agar Wilayah Aman

Elektoral.id, Jakarta – Karena kasus curanmor mengalami peningkatan di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel), Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi lakukan pengecekan dan menyambangi Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di di RW 03, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023).

Seorang sekretaris RW 03 bernama Hadi menyampaikan beberapa keluhannya dan aspirasinya kepada Kapolres yang saat itu melakukan monitoring diwilayahnya.

“Lingkungan RW 03 Kelurahan Pela Mampang ini merupakan lokasi yang rawan terhadap adanya kejahatan Curanmor. Dalam dua bulan terakhir, ada empat kejadian Curanmor di wilayah ini. Kegiatan pencegahan Satkamling di RW 03 Kelurahan Pela Mampang ini sudah berjalan dengan baik, tetapi hanya aktif di malam hari,” kata Hadi.

“Sementara kejahatan curanmor yang terjadi dalam kurun waktu 2 bulan terakhir ini, rata-rata di pagi dan siang hari,” sambungnya.

Setelah medengar keluhan dan apa yang disampaikan oleh Hadi, Kombes Ade Ary memastikan bahwa Bhabinkamtibmas Pela Mampang sudah masuk grup WhatsApp masing-masing RT di RW 03 Kelurahan Pela Mampang sebelum menyampaikan arahannya.

Disaat itu, Kapolres menanyakan langkah-langkah dari Bhabinkamtibmas apabila ada kejadian Curanmor.

“Sesaat setelah diketahui ada kejadian Curanmor, maka kami mengumumkan kepada warga melalui grup WhatsApp RT kemudian memberikan imbauan supaya Warga lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi terhadap ancaman kejahatan curanmor,” jawab Bhabinkamtibmas Pela Mampang Aipda Gunawan.

Selanjutnya, Kapolres memberikan himbauan kepada perangkat RT, RW, dan petugas keamanan di RW 03 Kelurahan Pela Mampang agar jangan jemu-jemu mengingatkan warga untuk selalu waspada terhadap curanmor dengan memasang kunci ganda pada motor.

“Meme imbauan-imbauan mengenai waspada curanmor agar selalu di-share ke grup WhatsApp warga setiap hari dan setiap pagi, sehingga dapat menimbulkan kesadaran dari warga untuk dapat menjaga kendaraannya,” tutur Kapolres.

“Silahkan untuk warga agar terus mengaktifkan Satkamling, jadi tidak hanya pada malam hari, tetapi juga siang hari sehingga dapat mencegah rawannya kejahatan curanmor,” tambahnya.

Kapolres juga meneruskan arahan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto bahwa Satkamling sebagai wadah untuk turut menjaga jalannya Pemilu sehingga dapat terlaksana dengan aman dan damai

“Dan silahkan untuk petugas satkamling atau warga untuk menghubungi hotline 110 yang bebas biaya dan nomor telepon dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah Pela Mampang untuk dapat melaporkan bila ada kejadian-kejadian atau gangguan keamanan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.

Sebelum meninggalkan lokasi untuk melakukan monitoring di wilayah lainnya, Kapolres menyerahkan bantuan berupa senter, HT dan buku pedoman Satkamling kepada petugas Satkamling sehingga dapat lebih profesional dalam melaksanakan tugas menjaga lingkungan di RW 03 Kelurahan Pela Mampang. (dik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini