Poli Minta PPS Pastikan Pantarlih Bekerja Dengan Benar

Penulis: Rikson Karundeng


ELEKTORAL.ID, Tomohon – Kesiapan penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sangat penting untuk menyukseskan agenda ini. Demi memperkuat tim, Minggu (26/05/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) ‘Tata Kerja Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Untuk Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Wali Kota, Wakil Wali Kota Pada Kota Tomohon Tahun 2024’. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Jhoanie, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Minggu (26/05/2024).

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Tomohon, Arinny Y. Poli mengatakan, hal pertama yang harus dimiliki para anggota PPS adalah ‘sense of belonging’, rasa memiliki dalam tim, karena di setiap kelurahan ada tiga anggota yang ditempatkan.

“Hal yang paling utama itu mereka harus memupuk rasa kebersamaan agar supaya mereka bisa bekerja dengan baik. Bagaimana mereka mau kerja keluar sedangkan di dalam tim saja masih ada gangguan,” kata Poli kepada wartawan, usai memberikan materi kepada para anggota PPS yang baru dilantik.

Arinny menegaskan, dalam tim harus jaga loyalitas, netralitas. Sebagai Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, ia berpesan agar data kota Tomohon itu harus bersih. Artinya tidak ada lagi data yang ganda.

“Data yang ganda memang sudah tidak ada, pada pemilu sebelumnya juga memang sudah tidak ada,” ungkapnya.

Wakil Divisi Keuangan, Rumah Tangga dan Logistik KPU Kota Tomohon ini juga menegaskan, satu hal yang paling penting yang harus diingat anggota PPS adalah semua warga negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih, itu harus terakomodir dan tidak ada lagi yang tidak terakomodir.

“Itu adalah salah satu tugas PPS untuk memastikan hal itu. Memastikan kepada Pantarlih yang akan turun lapangan,” kata Arinny.

PPS diminta memastikan agar Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) melaksanakan tugas dengan benar.

“Mereka (Pantarlih) harus bekerja dengan benar, naik turun rumah, semua harus dikunjungi. Bukan hanya dari rumah dan jadi satelit melakukan penerawangan begitu saja,” tandasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini