Polda Metro Jaya Jadwalkan Pemeriksaan Ulang Firli Bahuri

Jakarta – Polda Metro Jaya akan kembali memanggil mantan Ketua KPK Firli Bahuri untuk pemeriksaan kembali usai kejaksaan mengembalikan berkas ke penyidik.

Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan pemeriksaan Firli dilakukan untuk memenuhi petunjuk jaksa dan akan memeriksa saksi-saksi baru.

“Saat ini terkait dengan pengembalian berkas perkara, ada beberapa yang harus dilengkapi dari petunjuk jaksa P16 kantor Kejati DKI Jakarta,” kata Ade Safri kepada wartawan, Jumat 5 Januari 2024.

Ade Safri menjelaskan penyidik gabungan Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri dalam progres untuk melengkapi semua petunjuk P19 dari jaksa P16 kantor DKI Jakarta.

“Kita sudah tindak lanjuti dengan pembuatan rencana pemeriksaan tambahan, maupun pemeriksaan saksi baru untuk pemenuhan petunjuk P19 dari JPU pada kantor Kejati DKI Jakarta,” ujarnya.

“Termasuk (pemeriksaan Firli) di dalamnya, nanti kita update berikutnya,” ia menambahkan.

Meski begitu, Ade Safri belum merinci jadwal pemeriksaan ulang terhadap Firli. Sebelumnya Sabtu, 30 Desember 2023, Ade Safri mengaku sudah menerima pengembalian berkas perkara Firli dari kejaksaan dilengkapi petunjuk untuk dilengkapi. Kini penyidik sedang melengkapi berkas perkara itu.

“Kita terima (berkas perkara) dan penyidik akan segera menindaklanjuti untuk melengkapi berkas perkara sebagai petunjuk P19 dari JPU pada kantor Kejati DKI Jakarta,” katanya.

Firli Bahuri dijerat sebagai tersangka dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) serta penerimaan gratifikasi. Selain perkara itu, pihak kepolisian sedang membuka perkara lain terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait Firli. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini