Pilgub Sulut 2020 Tak Ada Calon Perorangan

Komisioner KPU Sulut dan personil Sekretariat KPU Sulut berfoto bersama usai batas akhir pendaftaran calon perseorangan ditutup.

ELEKTORAL.ID, Manado – Batas pendaftaran Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur jalur perorangan telah berakhir. Hingga ujung waktu, Kamis (20/02), pukul 24.00 Wita, tak ada yang mendaftarkan diri.

Tidak adanya Balon Perorangan itu, dipastikan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hanya akan menerima Balon dari jalur Partai Politik.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh saat memimpin rapat pleno di hari dan jam terakhir pendaftaran calon perorangan, Jumat (21/02), di ruang sidang KPU Sulut. “Kami pastikan tak ada Paslon perseorangan yang akan ikut Pilgub Sulut,” kata Mewoh.

Dijelaskannya, sejak dibuka pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur jalur perorangan pada 16 Januari sampai 20 Febuari ini, KPU Sulut tidak menerima dokumen dari peserta calon perseorangan.

“Kita melakukan pleno syarat dukungan calon perorangan, kita menetapkan penyerahan dokumen yang dibuka 16 Januari sampai 20 Februari pukul 00.00 Wita bertempat di KPU Sulut. Tapi tidak ada bakal calon perorangan,” jelasnya.

Sementara, selama proses tahapan pendaftaran calon perorangan ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara terus mengawasi sampai batas waktu yang ditentukan.

“Secara prosedural, kami terlibat awasi tahapan ini. Dan sejauh ini kami lihat prosedur yang dilakukan KPU sudah sesuai ketentuan,” ujar pimpinan Bawaslu Sulut, Kenly Poluan.

Diketahui, sayarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang bakal maju dalam jalur perorangan harus memasukan jumlah minimal dukungan calon dan sebaran dukungan yakni formulir dukungan dilampiri fotokopi KTP Elektronik dengan jumlah minimal dukungan yang ditetapkan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019.

Untuk DPT Pemilu 2019 sebanyak 1.908.115. Berdasarkan jumlah DPT, minimum syarat dukungan bakal calon pilgub sebanyak 190.812 dan harus tersebar di 8 kabupaten dan kota se-Sulut. (Noldy Kaeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini