Persiapan Pengamanan Setting Surat Suara Dalam Kotak Suara Pemilu Tahun 2024

Elektoral.id, Jakarta – Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat persiapan Pengamanan Setting Surat Suara dalam kotak suara Pemilu Tahun 2024. Ketua KPK Wahyu Dinata mengatakan sebanyak 33.747.852 surat suara yang telah pihak KPU terima.

“Persiapan Logistik paling lambat diturunkan di lokasi H -1 pencoblosan. Pihak KPU sudah berkordinasi dengan Dinkes terkait kesehatan petugas di lapangan,” kata Wahyu di kantornya baru-baru ini.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengaku telah melantik 215.000 petugas KPPS, membangun Command Center untuk memantau semua TPS di Prov DKI Jakarta. “Kami menyiapkan 8 TPS lokasi di Kepulauan Seribu karena perlunya pengawasan khusus,” ujarnya di lokasi sama.

Selanjutnya, Karo Ops Polda Metro Jaya Tory Kristianto mengungkapkan Polres jajaran Polda Metro Jaya siap membantu pendistribusian logistik sampai tingkat Kelurahan dan TPS.

“Agar distribusi logistik berjalan lancar pihak Kepolisian akan perbantukan Sabhara, Brimob dan Polair apabila ada penyebrangan ke Pulau Seribu. Tempat penyimpanan logistik akan dipantau oleh CCTV sehingga dapat memudahkan dalam pengawasan,” jelas Tory.

Tory menjelaskan guna memastikan keamanan penyimpanan logistik, Polda Metro Jaya akan meninjau ulang kembali tempat-tempat penyimpanan logistik yang terdapat CCTV maupun tidak untuk memudahkan membantu pengawasan.

“Polda Metro Jaya membuat Posko induk di CC Biro Ops Polda Metro Jaya dan membuat Posko taktis di tempat/titik rawan,” katanya.

Sementara, Asops Kasdam Kolonel Inf Ardiansyah memastikan siap mendukung pelaksanaan Pemilu dengan mengantongi data dari KPU terkait TPS-TPS yang dianggap rawan untuk mengantisipasi pengamanan.

“Kami minta data jumlah Kelurahan yang pasti agar tidak simpang siur serta jadwal distribusi surat dan logistik Pemilu,” jelasnya.

Binda DKI Jakarta KBP Wisnu menekankan bahwa dalam pengamanan buka kunci kotak suara perlunya peran masyarakat untuk membantu dalam pengawasan.

“Kami akan dukung total pelaksanaan Pemilu agar berjalan aman jujur dan adil sesuai asas Pemilu, Kami tambahkan rekomendasi terkait PAM kotak suara dan TPS, kiranya perlu dibuat SOP antisipasi hujan maupun kebakaran dan juga siapa saja yg boleh berada di sekitar lokasi tersebut, saat buka kunci agar ada saksi minimal 2 orang agar ada juga peran masyarakat untuk pengawasan,” ia menambahkan. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini