Pemkab Boltim Terbaik Kedua se Sulut Mencapai Target Tercepat SPI

Penulis : Rinto Lakoro


ELEKTORA.ID, Tutuyan – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim) menjadi terbaik kedua se Sulawesi Utara (Sulut) yang mencapai target tercepat pengisian Survei Penilaian Integritas (SPI) KPK tahun 2023 dari Responden Ahli (Eksper) dengan prosentase jumlah responden yang sudah mengisi survei setelah menerima whatsapp blast maupun emai blast sebesar 100 persen.

SPI KPK tahun 2023 sendiri telah dilaunching pada bulan Juli 2023 dan akan berakhir tanggal 31 Oktober Tahun 2023. Untuk menyukseskan pelaksanaan SPI KPK di Boltim, Bupati Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pihak eksternal terkait pelaksanaan Survei Penilaian Integritas KPK.

Surat Edaran tersebut merupakan imbauan sekaligus penegasan dari bupati tentang pengisian survei bagi responden baik internal maupun eksternal agar segera melakukan pengisian jika mendapat pesan melalui aplikasi whatsapp maupun email.

SPI hadir untuk memotret integritas sebuah lembaga pemerintah melalui tiga sumber yaitu, pegawai sebagai internal publik yang pernah mengakses layanan (eksternal) dan dari kalangan ahli (eksper).

Survei penilaian internal menyangkut tujuh dimensi, yaitu transparansi, integritas dalam pelaksanaan tugas, perdagangan pengaruh (trading in influence), pengelolaan anggaran, pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan SDM, dan sosialisasi antikorupsi.

Penilaian eksternal meliputi transparansi dan keadilan layanan, upaya pencegahan korupsi, dan integritas pegawai.

Meskipun target pengisian survei pada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur telah mencapai 100 persen dari responden ahli, namun Bupati Sam Sachrul Mamonto, S.Sos.,M.Si., mengimbau agar seluruh responden baik internal maupun eksternal agar dapat melakukan pengisian survei, apabila telah menerima link pengisian survei yang dikirim ke nomor whatsapp maupun email.

Selanjutnya bupati menyatakan apresiasi bagi responden yang telah melakukan pengisian survei sampai dengan saat ini, sehingga Pemkab Boltim bisa mencapai target tercepat kedua Se-Sulawesi Utara.

Pada kesempatan lain, Inspektur Daerah Bolaang Mongondow Timur Ade Herly Mokoginta, SH., menyampaikan atas capaian saat ini diharapakan dapat memperoleh indeks SPI yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Hasil survei berbentuk angka, yang menunjukkan level integritas instansi, dengan skala 1 hingga 100, semakin tinggi angka integritas sebuah instansi, maka sistem yang berjalan untuk mendeteksi risiko korupsi dan menangani ketika terjadi tindak pidana korupsi di Kementerian Lembaga Pemda tersebut juga semakin baik” ucap Mokoginta, Selasa (29/8/2023).(*/RL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini