Mahasiswa KKN UMBY Bersinergi dalam Memberi Pelatihan Pengolahan Dawet Lidah Buaya Gula Aren

YOGYAKARTA – Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tematik Kelompok 92 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Angkatan XLIII bersinergi dengan PT. Marvera Aloevera Industry (Marvera) dalam memberikan Pelatihan Pengolahan Dawet Lidah Buaya Gula Aren, pada Sabtu (19/08).

Muhammad Ansori Ma’ruf Aminudin atau biasa disapa Dama (mahasiswa KKN UMBY Fakultas Psikologi Prodi Psikologi) yang berperan sebagai moderator memulai kegiatan dan memecah ketegangan dengan _ice breaking_ sehingga membuat peserta terlihat siap menerima materi pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan mengolah lidah buaya yang diadakan di Komplek Balai Kalurahan Gari Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunung Kidul, pada Sabtu (23/07) silam.

Selain memaparkan materi, pada kesempatan ini, Marcus Nanang Setyawan selaku pemilik UMKM Marvera memperlihatkan proses pengolahan lidah buaya dan mengajak peserta yaitu ibu-ibu yang bertempat tinggal sekitar Marvera turun ke ladang lidah buaya, praktik langsung cara panen, mengupas lidah buaya, memperlihatkan metode potong yang digunakan, proses mencuci dan selanjutnya diolah menjadi Dawet.

“Dawet dengan bahan dasar lidah buaya ini merupakan ide dari teman-teman KKN UMBY dan Marvera merealisasikannya”, ungkap Nanang.

Harapannya semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang terlebih masyarakat sekitar Marvera dan lebih luas masyarakat Gunung Kidul serta dapat menginspirasi peserta bahkan mahasiswa KKN untuk menjadi entrepreneur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini