Lagu Natal dan Kopi Dangdut dengan Angklung Menggaung di Tokyo

Elektoral.id, Tokyo – Penampilan Angklung dari Asia-Pacific Ladies Friendship Society (ALFS) Angklung Ensemble membuat hanyut suasana tamu undangan di Wisma Duta KBRI Tokyo, Senin 27 November 2023.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo Nuning Akhmadi sekaligus anggota grup ALFS Angklung Ensemble mengatakan kegiatan tersebut bagian dari promosi kesenian angklung Indonesia kepada seluruh anggota ALFS yang sebagian besar merupakan warga Jepang dan istri-istri diplomat asing.

“Setiap bulan sekali kami rutin latihan. Selain untuk lebih mengenal alat musik Angklung, ALFS Angklung Ensemble juga belajar lagu-lagu Indonesia,” ujar Nuning dalam rilisnya, Selasa 28 Novembet 2023.

Menurutnya, melalui musik, kuliner, dan wastra Indonesia menjadi pintu diplomasi Indonesia untuk bisa masuk ke dalam hati dan pikiran mereka khususnya warga Jepang. “Ini mempererat persahabatan kita bukan hanya antar negara tetapi satu individu ke individu lainnya, people to people connection,” katanya.

Selain bentuk promosi dan agenda rutin, kegiatan tersebut juga dalam rangka memeriahkan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang.

“Tadi banyak juga istri-istri duta besar yang kagum bahwa Symphony 9 Beethoven bisa dimainkan dengan angklung,” ujar mantan Deputy Embassy-Side Representative ALFS itu.

Dalam pagelaran tersebut, alunan Angklung dimainkan secara apik dan solid oleh 33 anggota ALFS Angklung Ensemble dan 4 anggota DWP KBRI Tokyo. Mereka berturut-turut membawakan 8 komposisi lagu meliputi Silent Night, Joy to the World! The Lord is Come, Symphony 9 Beethoven, Indonesia Pusaka dan Kopi Dangdut.

Sementara, Embassy Side Representative Masako Perera mengapresiasi penampilan ALFS Angklung Ensemble. “Terima kasih Ibu Nuning, ini sangat indah. Saya merasa senang dan merasakan kehangatan suasana dari penampilan musik Angklung ini,” ucap Masako.

Acara yang berlangsung meriah itu kemudian ditutup dengan ramah tamah menikmati kuliner khas Indonesia, serta menari tarian poco-poco.

Diketahui, ALFS adalah organisasi perkumpulan persahabatan perempuan Asia Pasifik yang didirikan pada 1968 di Jepang. Organisasi ini beranggotakan para duta besar perempuan dan istri diplomat asing dengan berbagai aktivitas kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini