KPU Tetap Berlakukan Format Sama dalam Debat Pilpres Keempat

Elektoral.id, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengungkapkan tidak.ada perubahan dalam skema debat keempat untuk Pilpres 2024.

“Skema atau format yang dilangsungkan KPU sejak debat pertama, kedua, dan ketiga itulah skemanya, tidak mengalami perubahan,” kata Mellaz kata wartawan di Jakarta, Minggu 14 Januari 2024.

Pernyataan KPU tersebut, Mellaz menjelaskan untuk menanggapi usulan Presiden Jokowi yang meminta agar ada perbaikan dalam debat pilpres keempat pada 21 Januari 2024 mendatang agar tidak saling serang secara personal.

“Jadi (debat) akan dilangsungkan sesuai tenggat waktunya berarti 21 Januari 2024, temanya sudah ditetapkan sebagaimana yang diumumkan oleh KPU,” ujarnya.

Menurutnya, KPU tetap memperhatikan unsur-unsur yang terlibat di setiap debat capres atau cawapres yang berlangsung. Terkait pemilihan lokasi debat, KPU juga memperhatikan secara situasional.

“Tempat (debat) nanti bergantung kesediaan dari tempatnya. Kalau lokasi, desain, tata letak segala macam relatif tidak mengalami perubahan,” Mellaz memaparkan.

Selain waktu dan tempat pelaksanaan, lanjut Mellaz, soal durasi juga menjadi perhatian. Dalam debat keempat nantinya akan sama seperti debat-debat sebelumnya yakni 120 menit untuk substansi debat, dan 30 menit untuk jeda iklan.

Berlanjut, soal pembagian segmentasi debat, KPU akan diberlakukan sama yaitu enam segmen yang artinya tidak ad perubahan seperti debat-debat ssbelumnya.

“Jadi kalau ditanya apakah ada perubahan, apakah itu yang dimaksud format? Kalau itu yang dimaksud, tidak mengalami perubahan,” ia menambahkan. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini