Kompolnas: Kampanye Hari Pertama Berjalan Kondusif

Elektoral.id, Bandung – Kompolnas memantau pelaksanaan kampanye hari pertama di wilayah hukum Polda Jawa Barat. Anggota Kompolnas Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar mengungkapkan Polda Jawa Barat terpilih sebagai obyek yang mendapat perhatian khusus.

“Sebab, jumlah populasi penduduk dan pemilih pemilu 2024 ini tercatat terbesar dari seluruh wilayah Indonesia. Oleh karenanya potensi kerawanan cukup tinggi,” ungkap Pudji dalam rilisnya, Rabu 19 November 2023.

Saat melakukan pemantauan, Pudji ditemani anggota Kompolnas lainnya H. Mohammad Dawam yang didampingi Brigpol Rizal Permana.

Menurut Pudjo, hari pertama kampanye pemilu 2024 menjadi penting bagi Kompolnas karena ikut langsung pemantauan persiapan Satuan Wilayah Polri dengan memberikan imbauan khusus netralitas kepada para anggota pada proses dan tahapan Pemilu 2024 ini.

“Ini adalah komitmen sekaligus pesan penting kami kepada seluruh jajaran anggota Polri diseluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Setelah kunjungan ke Polda Jawa Barat, rombongan melakukan pemantauan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta. Pudji berpesan sikap profesionalisme dan netralitas dalam pelayanan masyarakat sebagaimana Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023 harus terus dipegang teguh.

“Seluruh personel tidak lelah menjaga situasi harkamtibmas agar Indonesia tetap kondusif pada proses tahapan pemilu 2024 yang sedang berlangsung,” ia menuturkan.

Sementara, Anggota Kompolnas lainnya Mohammad Dawam mengatakan tugas yang diemban Polri adalah tugas mulia. Pertama, menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas, sebagai mandat struktur kelembagaan dibawah langsung Presiden sebagai Kepala Negara.

Kemudian, melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai mandat kelembagaan dibawah langsung Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

“Hal itu sangat strategis demi terciptanya situasi kamtibmas proses pemilu 2024 yang aman, damai, berkualitas serta bermartabat,” jelasnya.

Sementara itu, Irwasda Polda Jawa Barat Kombes Kalingga menjelaskan Polda Jawa Barat telah menyiapkan Aplikasi One Data yang telah terkoneksi dan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi Polda Jabar.

“One Data itu berisikan pemantauan CCTV mako dengan teknologi face recognation (FR) yang terkoneksi dengan data dukcapil, pemantauan CCTV jalur arteri, CCTV objek wisata, CCTV objek vital, pemantauan sebaran anggota lalu lintas, sebaran mobil patroli sabhara, dashboard peta wilayah hukum Polda Jabar beserta peta kerawanan kamtibmas, pemantauan sebaran bhabin hingga polisi RW sampai ke tingkat desa/kelurahan,” kata Kalingga. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini