Knalpot Racing Jadi Keluhan Warga Buyat Barat, Polsek Kotabunan Gencar Lakukan Operasi

Penulis : Rinto Lakoro

 


ELEKTORAL.ID, Tutuyan – Warga Desa Buyat Barat, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), berkeluh.
Maraknya penggunaan knalpot racing di wilayah itu jadi pemantik.

Keluhan itu mencuat pada kegiatan Jumat Curhat Kepolisian Sektor (Polsek) Kotabunan yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa Buyat Barat, Jumat, (17/2/2023).

“Terkait dengan maraknya penggunaan knalpot racing, kami apresiasi langkah dari kepolisian hari ini yang gencar melakukan operasi knalpot racing, namun hal itu tidak membuat efek jera, maka dari itu pihak kepolisian agar memikirkan cara lain sehingga para pengguna knalpot racing ini bisa dengan sadar tidak melakukan perbuatan yang sama,” ujar salah seorang warga.

Selain itu warga meminta agar adanya pengamanan di perbatasan antara desa Buyat-Ratatotok.

“Kemudian tentang pengamanan perbatasan di Desa Buyat bersatu, karena desa kami berbatasan langsung dengan Kabupaten Minahasa Tenggara, maka kami meminta agar kepolisian bisa menempatkan personilnya di perbatasan 1×24 jam agar dapat mengantisipasi perkelahian antar kelompok yang sudah menjadi permasalahan lama dan berulang selama ini,” pinta warga.

Keluhan dari masyarakat Buyat Barat langsung ditanggapi serius oleh Kapolsek Kotabunan, AKP Gani Tololiu.

“Tentang penggunaan knalpot racing  kami setiap hari secara bergantian baik Polres maupun Polsek, melakukan razia di wilayah Kecamatan Kotabunan guna mencari para pelanggar lalu lintas, namun memang belum memberikan efek jera kepada pelanggar, meskipun kami telah melakukan upaya upaya penindakan yang tegas dan terukur. Untuk itu kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar kiranya bisa bekerjasama dalam memberantas penggunaan knalpot racing termasuk kami akan mengundang para pemilik toko yang menjual knalpot racing agar tidak menjual lagi barang tersebut, tentunya operasi akan tetap kami jalankan setiap hari dengan cara berpindah- pindah tempat menyesuaikan dengan perkembangan situasi,” lugas Kapolsek.

Terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Kapolsek mengatakan akan menempatkan anggota di wilayah perbatasan.

“Sesuai perintah pak Kapolres Bolmong Timur pada kesempatan Jumat Curhat minggu lalu, bahwa akan diatur untuk penempatan personil di wilayah perbatasan dalam waktu dekat ini, namun harus ada beberapa administrasi yang perlu kami penuhi, untuk sementara waktu, kami akan mengaktifkan personil bhabinkamtibmas Desa Buyat bersatu di perbatasan kabupaten 1x 24 jam, sehingga segala sesuatu bisa dideteksi secara dini,” terang Tololiu.

“Kami juga meminta masyarakat bisa membantu kami dalam hal pelaksanaan tugas kepolisian sehingga situasi yang kondusif, tentram dan damai dapat tercipta di wilayah kita,” tuntasnya. (RL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini