Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Polda Metro Jaya Minta Maaf

JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatatakan pihaknya telah membentuk tim khusus untuk monitoring, evaluasi, dan analisa kasus kecelakaan lalulintas yang menewaskan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Hasya Attala.

“Polda Metro Jaya membentuk tim monitoring, evaluasi, dan analisa yang langsung tadi disampaikan dipimpin Bapak irwasda dengan melibatkan tim pengawasan penyidikan PMJ,” katanya di BSD, Senin (6/2/2023).

Tim Monitoring, Evaluasi, dan Analisa ini menempuh 2 langkah dalam mengusut ulang kasus kecelakaan yang melibatkan Hasya dan Eko.

“Dua langkah tersebut ialah gelar perkara khusus yang dipimpin Kabidkum untuk membahas administrasi prosedur dan audit investigasi oleh bidpropam untuk memeriksa guna mengetahui ada-tidaknya pelanggaran bidang kode etik profesi Polri,” ujarnya.

Trunoyudo mengatakan Tim Asistensi dan Evaluasi menemukan beberapa ketidaksesuaian administrasi prosedur sebagai mana yang diatur Peraturan Kapolri Nomor 6/2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana terkait Proses Penetapan Status dan Tahapan Lainnya terhadap perkara tersebut.

“Untuk itu, kami Polda Metro Jaya menyampaikan permohonan maaf terhadap beberapa ketidaksesuaian langkah yang kami ambil,” ujarnya.

Diketahui, Polisi telah melaksanakan reka ulang kecelakaan Hasya yang melibatkan Eko di lokasi kejadian, Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, pada Kamis (2/2/2023). Polisi menghadirkan Eko dalam rekonstruksi ulang itu. Namun pihak keluarga Hasya tidak hadir.

Rekonstruksi melibatkan tim internal Polda Metro Jaya serta Korlantas Polri dan juga tim eksternal. Reka ulang melibatkan tim traffic accident analysis (TAA) Korlantas Polri yang menggunakan teknologi untuk merangkai kronologi kecelakaan dari sebelum, sesaat, dan sesudah kecelakaan. (hpy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini