Kapolri Minta Lampu Rotator Mobil Dinas Ditutup Kaca Film

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuat regulasi baru seputar penggunaan lampu rotator warna biru pada mobil dinas polisi yang dianggap mengganggu penglihatan pengguna kendaraan lain.

Regulasi baru ini tertuang dalam Surat Telegram (ST) berisi perintah kepada jajaran Dirlantas Polri untuk menutup bagian belakang lampu rotator kendaraan dinas menggunakan kaca film 20 persen.

“Instruksi ditujukan kepada seluruh jajaran Polri dan semua kendaraan dinas Polri,” kata Karopenmas DivHumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko di kantornya, Senin 15 Januari 2024.

Surat telegram No 2868/XII/REN.2.2/2023 tertanggal 28 Desember 2023 itu langsung diteken Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan atas nama Kapolri.

Trunoyudo mengungkapkan kebijakan baru ini merupakan tanggapan terhadap kritik dan saran seniman Sujiwo Tejo yang menyampaikan langsung di hadapan Kapolri saat menjadi tamu undangan di acara Rilis Akhir Tahun (RAT) 2023 di Mabes Polri.

“Instruksi Kapolri tersebut berdasarkan hasil analisis dan evaluasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang dilakukan Korlantas Polri,” ujarnya.

Kapolri saat itu langsung menerima kritikan Sujiwo Tejo dengan alasan pancaran lampu rotator bagian belakang mobil dinas kerap mengganggu penglihatan dan konsentrasi pengendara lainnya sehingga berpotensi kecelakaan lalu lintas.

Kapolri juga meminta upaya pengawasan dalam dan pengawasan melekat secara berjenjang dalam pelaksanaan instruksi tersebut. Hasil kegiatan agar dilaporkan kepada Korlantas Polri dan Dirgakkum Korlantas Polri.

Diketahui dalam penyampaian kritik, Sujiwo Tejo juga meminta Kapolri terkait uji SIM diperketat dengan alasan banyak pengendara yang tidak tahu aturan berlalu lintas sehingga berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini