Kapolres Malang Bersama Kapolresta Malang Kota Tinjau Perkembangan Pasca Erupsi Semeru

POLRES MALANG – Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono bersama Kapolresta Malang Kota AKBP Bhudi Hermanto melaksanakan pemantauan terhadap perkembangan Gunung Semeru di Lumajang, Senin (13/12/2021).

Kegiatan ini berdasarkan instruksi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta kepada seluruh Kapolres Jajaran Polda Jatim. Agar para Kapolres turut berpartisipasi dalam upaya penanggulangan dan antisipasi bencana erupsi susulan gunung Semeru.

Diketahui bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir antar Kapolres jajaran. Kegiatan diawali dengan meninjau dapur umum dan pengungsi di kantor Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

“Kami berkoordinasi dengan pihak yang ada disini, dari BPBD, PMI maupun relawan lainnya. Agar para pengungsi diutamakan,” kata AKBP Bagoes Wibisono.

Selanjutnya kedua Kapolres yang merupakan alumni Akpol tahun 2000 ini, menuju pos pengamatan Gunung Api Semeru (Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang.

“Setiap perkembangan kegiatan Gunung Semeru harus segera diinfokan dan di update, agar kita dapat melakukan antisipasi lebih dini jika terjadi erupsi susulan,” terang Bagoes.

Kedua Kapolres ini, juga meninjau langsung lokasi terdampak erupsi gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

“Kita ketahui bersama disini sangat parah terdampaknya, seperti desa mati. Kita sangat prihatin dengan musibah ini. Kita akan membantu semaksimal mungkin, agar penanggulangan bencana disini dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Kemudian Kapolresta Malang Kota, AKBP Budhi Hermanto menambahkan, bahwa penanganan disini sudah cukup baik. Itu tentunya karena sinergi dan dukungan dari semua pihak yang cukup baik.

“Kita lihat tadi kalau kebutuhan bahan pangan sudah sangat cukup, mungkin yang diperlukan saat ini tandon air bersih, berdasarkan informasi di lokasi pengungsian tadi,” tutur AKBP Budhi.

Proses pencarian para korban masih terus dilaksanaka oleh personel gabungan TNI-Polri, BPDB, PMI dan tim relawan lainnya.

“Semoga semua korban dapat segera ditemukan, serta aktifitas gunung Semeru kembali normal dan keadaan masyarakat segera pulih,” harapnya.

“Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh tim evakuasi. Semoga seluruh tim yang sudah bekerja dengan tulus mencari para korban, selalu diberi keselamatan dan kesehatan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini