Kantor Imigrasi Tangerang Deportasi 139 WNA Sepanjang 2023

Elektoral.id, Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang telah mendeportasi 139 warga negara asing (WNA) yang terlibat dalam tindak kriminal di sepanjang tahun 2023 setelah melalui proses pemeriksaan dari aparat penegak hukum.

“Kami deportasi, semua kita lakukan BAP dan kita deportase setelah kami lakukan kordinasi dengan kedutaan. Jumlahnya 139 WNA,” kata Kepala Kanim Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Rakha Sukma Permana, kepada wartawan, Jumat 29 Desember 2023.

Ia mengungkapkan proses pemulangan WNA berdasarkan tanggung jawab pihak sponsor apabila tanggung jawab sponsor sudah tidak lagi maka menjadi tanggung jawab kedutaan.

“Negara yang melanggar hukum yaitu Cina/RRT,
Sri Lanka, Nigeria, Korea Selatan, dan Malaysia, dengan pelanggaran yang merujuk pada Pasal 75 dan Pasal 78 UU No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Terbanyak yang deportase dari Cina,” ucap Rakha.

Rakha menjelaskan salah satu tindak kriminal yang terjadi di wilayahnya adalah permasalahan Tindak Pidana Penjualan Orang (TPPO). Hal tersebut menjadi konsentrasi Kanim Imigrasi dalam mengawasi di tiga wilayah yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan.

“Kami juga punya timpora pengawasan orang asing itu kerjasama dengan stakeholder, banyak juga masyarakat yang memberikan informasi kepada kami,” ia menuturkan.

Kanim Tangerang memastikan dalam pengawasan terhadap WNA yang tersebar faktanya telah dilakukan ekstra pengawasan baik melalui pengecekan sistem perpanjangan izin tinggal maupun pemeriksaan visa.

“Kalau dia tidak memiliki visa, mereka warga negara asing bisa masuk dari mana saja dari TPI (tempat pemeriksaan imigrasi) mana saja, bisa dari Soekarno Hatta, Bali, Surabaya, Batam,” kata Rakha.

Menurutnya, WNA bisa datang ke mana saja, khususnya ke wilayah Tangerang. Oleh karena itu, ia meminta peran penting timpora dan masyarakat dalam memberikan informasi pengawasan kepada Kanim Tangerang.

“Jadi ada pengawasan dari kami dan ada pengawasan khusus yaitu dari laporan masyarakat,” Rakha menambahkan.

Diketahui, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang telah melaksanakan operasi JAGRATARA pengawasan orang asing secara serentak di wilayah di Kabupaten Tangerang pada Kamis 28 Desember 2023.

Dalam pemeriksaan dokumen terhadap orang asing yang menjadi fokus operasi, semua dokumen tercatat lengkap dan tidak ada yang bermasalah. Hal ini mencerminkan bahwa orang asing dan perusahaan yang mempekerjakan mematuhi peraturan keimigrasian yang berlaku.

Keberhasilan operasi ini menjadi langkah positif dalam menjaga integritas keimigrasian dan memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait pengawasan yang ketat dan profesional.

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang juga melakukan Refleksi Capaian
Kinerja Tahun 2023, Hasil Statistik dan Rekapitulasi Kinerja yang di capai menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai cerminan keberhasilan kantor ini dalam menjalankan fungsi￾fungsinya yang krusial Pencapaian Paspor. (Imo)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini