Jenderal Rusia Tewas Akibat Serangan Rudal Ukraina

Elektoral.id, Jakarta – Seorang  jenderal Rusia Letnan Jenderal Oleg Tsokov tewas dalam serangan rudal di Ukraina. Sumber-sumber Rusia mengatakan jenderal senior itu tewas di sebuah hotel yang diduduki Rusia.

Laporan mengatakan ia terjebak dalam serangan rudal yang menghancurkan sebuah hotel yang menampung komandan militer Rusia di Berdyansk, sebuah kota di wilayah tenggara Zaporizhzhia di pantai Laut Azov.

Gambar dan video dari berbagai bagian Berdyansk telah beredar di media sosial, namun tidak ada yang menunjukkan lokasi ledakan yang tepat.

BBC Verify telah mengonfirmasi bahwa satu foto menunjukkan gumpalan asap membumbung dari area tempat Hotel Dune berada. Informasi dari media sosial lokal Rusia menyatakan bahwa serangan terjadi pukul 04.00 waktu setempat, pada 11 Juli lalu.

Berdasarkan laporan, hotel tersebut hancur rata dengan bumi akibat serangan rudal. Hal ini menegaskan komentar sebelumnya dari administrasi militer kota Berdyansk, yang saat ini beroperasi dari wilayah yang dikuasai Ukraina.

Kementerian pertahanan Rusia belum memberi keterangan resmi. Namun, berita tersebar luas di Rusia melalui aplikasi perpesanan Telegram.

Diketahui, Letnan Jenderal Tsokov adalah wakil komandan distrik militer selatan Rusia. Ia terbunuh oleh rudal Storm Shadow yang dipasok Ukraina dari Inggris.

Sementara, Andrei Gurulyov, seorang anggota parlemen dan pensiunan jenderal yang muncul di acara populernya 60 Minutes, mengatakan sang jenderal telah kembali ke Ukraina meskipun terluka parah di awal konflik, pada Selasa (11/7).

“Sayangnya, dia meninggal secara heroik. Pria ini layak mendapat penghormatan besar,” kata Andrei.l kepada wartawan.

Beberapa akun perang Rusia di Telegram juga melaporkan kematiannya, termasuk blogger WarGonzo dan Informan Militer yang memiliki lebih dari setengah juta pengikut.

Diketahui, rudal jelajah Storm Shadow digunakan merupakan sumbangan dari pemerintah Inggris yang dirahasiakan pada Mei lalu. Storm Shadow memiliki jangkauan lebih dari 150 mil (240 km), tiga kali lipat dari rudal yang sebelumnya digunakan Kyiv, membuatnya lebih mudah untuk meluncurkan serangan presisi.

Ukraina telah mengklaim serangan terhadap komandan militer Rusia di Berdyansk sebelumnya, namun awalnya ada keraguan bahwa Letnan Jenderal Tsokov ada di sana.

Kementerian pertahanan Rusia tidak memberikan pengumuman resmi bahwa dia telah dipromosikan dari perannya sebagai komandan Divisi Infanteri Bermotor ke-144 di Ukraina timur, menjadi wakil komandan Distrik Militer Selatan Rusia.

Distrik militer memiliki kewenangan yang jauh lebih besar, termasuk wilayah Rusia selatan serta wilayah pendudukan Ukraina. Kementerian pertahanan lambat untuk merinci perubahan komando atau hanya menghindari mengumumkannya sama sekali. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini