Jadi Jawara Berbagai Lomba, Siswa SMAN 1 Tareran: Demi Masa Depan

Penulis: Hendro Karundeng
Editor: Happy Christian


ELEKTORAL.ID, Amurang – Seorang putri Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan kembali bangkit harumkan SMA Negeri 1 Tareran (Smanstar) dengan membawa pulang berbagai piagam, sertifikat, serta medali.

Sonia Tuuk seorang siswi Smanstar yang duduk di fase F tahun ajaran 2023 ini, jadi sorotan di antara para teman sepantarannya karena berhasil menorehkan beragam prestasi di berbagai macam perlombaan.

Pribadi Tuuk sendiri sangat energik serta easy-going, yang sangat suka mengikuti perlombaan akademik maupun non-akademik, sehingga sangat mencerminkan seorang siswi SMA yang menyukai tantangan, seorang perempuan mungil yang mendapat julukan ‘Maniak Lomba’ dari banyak orang.

“Waktu mengikuti perlombaan saya rasa gugup, tapi karena sudah sering mengikuti perlombaan jadi terasa biasa,” ujar putri Denny Tuuk dan Sonya Mamatimbing itu, Rabu (22/11/2023).

Gadis berusia 15 tahun itu gemparkan Smanstar dengan membawa pulang 3 medali emas sekaligus waktu mengikuti lomba Science Nusantara. Tuuk berhasil kalungkan medali emas di mata lomba Kedokteran Dasar, Psikologi Dasar, serta Biologi.

“Saya sangat bersyukur karena bisa memenangkan tiga medali emas di lomba Science Nusantara pada mata pelajaran Kedokteran Dasar, Psikologi Dasar, dan Biologi,” kata gadis asal Rumoong Atas itu.

Tuuk juga mengatakan, pernah mengikuti lomba mewakili Smanstar di tingkat kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang Cipta Puisi dengan peringkat teratas.

“Saya juga mengikuti lomba FLS2N di tingkat Kabupaten Minsel dengan juara satu. Waktu itu di perlombaan Cipta Puisi,” ujar siswi yang akrab disapa Nia itu.

Beragam prestasi diraih Tuuk mewakili Smanstar, salah satunya juga raih juara 1 dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) di mata lomba Astronomi.

Menurut Tuuk semua berkat dukungan orang tua, guru, serta teman dan saudara. Menurutnya juga ini merupakan bekal untuk melenjutkan studi di tingkat universitas.

“Menurut saya ini sangat membantu serta sangat penting, karena dapat menjadi alat bantu dalam melanjutkan sekolah ke tingkat universitas, apalagi bagi teman-teman yang mau masuk ke fakultas yang lumayan susah seperti kedokteran,” papar Tuuk.

Selain dalam bidang akademik mewakili Smanstar, Tuuk juga berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah yakni Pramuka dan sempat mengikuti Raimuna di tingkat Cabang serta Nasional.

“Untuk kegiatan ekstrakurikuler saya mengikuti Pramuka dan sudah ikut Raimuna di tingkat Cabang Minsel dan tingkat Nasional, dan waktu itu kami berhasil mendapat juara dua di tingkat Cabang,” jelas Tuuk.

Si Maniak Lomba itu juga berpesan, agar teman-teman di Smanstar maupun di sekolah lain bisa lebih semangat dalam meraih prestasi.

“Untuk teman-teman jangan gengsi dalam belajar serta jangan malas dan tetap semangat. Kalau ada lomba apalagi di tingkat daerah maupun nasional jangan malu untuk ikut, karena ini demi masa depan, juga sebagai tiket masuk ke universitas,” pesan Tuuk.

Selain itu, Tuuk juga pernah mengikuti berbagai lomba secara pribadi dengan prestasi gemilang di luar dan di dalam lingkup sekolah. Di antaranya, Juara 2 Kreativitas Siswa se-Kabupaten Minsel-Mitra, Kompetesi Siswa Braindicator 3 medali emas, Olimpiade Siswa Prestasi Akademik Nasional 4 medali emas, OSN Hari Pahlawan 3 medali emas, Juara 1 Kelas Tahun Ajaran 2022-2023 dengan nilai tertinggi di Fase E, Achievement Smart Olympiade medali emas, Kimia Unsrat, Juara 3 Posnas (Pekan Olimpiade Siswa Nasional), serta pernah mengikuti lomba Taekwondo Kategori Kyourugi (Bertarung), Kategori Pomsae (Gerakan) dan masih banyak lagi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini