Inilah Ide Cemerlang Kapolda Metro Jaya Optimalkan Pemerataan Kualitas Pendidikan

Elektoral.id, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menginisiasi kegiatan mengajar kolaborasi Polda Metro Jaya dengan mahasiswa dari berbagai univeristas di Jakarta.

“Kolaborasi dengan berbagai latar pendidikan (bidang keilmuan) ini berlangsung dari tanggal 18 November s.d 15 Desember 2023 di 141 sekolah baik SMP/MTs, SMA/Ma dan SMK yang berada di seluruh wilayah Jabodetabek,” kata Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Badya Wijaya, Kamis 18 Januari 2024.

Badya mengungkapkan kegiatan mengajar ini juga berkoordinasi dengan polres-polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk memberikan peluang bagi para mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan.

“Tentunya untuk meningkatkan kompetensi baik soft skills maupun hard skills supaya lebih siap serta relevan dengan kebutuhan zaman sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian,” ujarnya.

Mahasiswa memberikan pengetahuan kepada adik-adik yang masih berada di bangku sekolah terkait edukasi bahaya narkoba, kenakalan remaja, korupsi dan Pemilu damai.

“Diharapkan adik-adik dapat memahami berbagai ancaman baik dari diri sendiri maupun dari luar sehingga dapat diminimalisir dan bahkan bisa terhindar dari perilaku tersebut,” Badya menuturkan.

Polda Metro Jaya melibatkan 31 mahasiswa dan mahasiswi dengan harapan universitas dan sekolah mitra juga akan membawa hasil yang memuaskan pada kedua belah pihak.

Menurut Badya, sekolah mitra yang dituju akan mendapat inovasi yang bisa diterapkan dan mahasiswa yang menjalankan program asistensi mengajar akan mendapat pengalaman dan asas manfaat lebih baik dengan terjun langsung ke lapangan.

Ia menyebut tujuan dari kegiatan mengajar ini meliputi memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan dan ikut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pengajar di sekolah.

“Lalu membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dengan tuntutan zaman, termasuk memberikan edukasi terkait materi-materi ilmu pengetahuan yang tidak dipelajari secara formal dibangku sekolah,” kata Badya.

Bersama-sama mendukung program dan kinerja Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa sebagai persiapan menuju masa depan Indonesia yang lebih sejahtera dan berkemajuan.

“Lalu sinergi antara semua pihak, Polda Metro Jaya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, mahasiswa sebagai agen perubahan, pihak sekolah sebagai wadah mendidik generasi penerus,” ia menjelaskan.

Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa sesi yaitu sesi pemaparan materi, sesi tanya jawab dan memberikan hadiah bagi pelajar yang mengajukan pertanyaan ataupun yang menjawab.

“Kegiatan ini pun berlangsung dengan baik, lancar dan sesuai dengan perencanaan. Ini semua berkat komunikasi dan koordinasi antar berbagai pihak yang terjalin dengan sangat baik,” Badya menutup. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini