Hampir 3 Ribu Polisi Bersiaga di Debat Cawapres

Elektoral.id, Jakarta – Polri menerjunkan ribuan personel guna mengamankan penyelenggaraan Debat Pilpres 2024 oleh KPU di Jakarta Convention Center (JCC) Senaya, Jakarta Pusat malam ini.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengungkapkan Mabes Polri melibatkan anggota dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat dalam debat keempat yakni Debat Cawapres.

“Nanti malam berjumlah 2292 personel. Pengamanan gabungan terdiri dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait,” kata Susatyo kepada wartawan, Minggu 21 Januari 2024.

Ia menjelaskan personel yang terlibat pengamanan akan ditempatkan di ring 1 area debat, holding paslon, tamu VIP dan undangan, kemudian di Ring 2 di sekitar pintu masuk JCC, lobi, ruang media dan area simpatisan non undangan, serta di Ring 3 sektor terluar pintu 5, 7, 8, 9, 10 hingga di kantong -kantong parkir.

“Kami sudah menempatkan Personel di Ring 1, Ring 2 dan Ring 3 sektor terluar pintu keluar masuk ke kawasan GBK hingga di kantong kantong parkir,” ujarnya.

Menurutnya, lokasi debat berada di dalam area kawasan GBK sehingga untuk arus lalu lintas masih normal, belum ada penutupan jalan. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional.

“Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas kita nanti melihat dinamika situasi dilapangan, kita juga ingin masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar kawasan GBK tidak terganggu,” Susatyo menuturkan.

KPU telah berkoordinasi dengan kepolisian terkait tata tertib aturan main debat bagi cawapres maupun para pendukung paslon, di antaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan yang bisa masuk.

“Untuk jumlah dari pendukung Paslon juga sudah dibatasi, tata tertib sudah diatur oleh KPU, kita tinggal melaksanakan teknis pengamanannya,” katanya.

“Kami selalu siap melakukan Pengamanan semua kegiatan di wilayah Jakarta Pusat, termasuk giat Debat Cawapres malam nanti. Dalam pelaksanaan Pengamanan, kami tekankan kepada seluruh Anggota agar dilaksanakan dengan Persuasif, melayani dan Humanis,” tambah Susatyo. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini