Gedung Baru KBRI Tokyo, Simbol Persahabatan Indonesia-Jepang

Elektoral.id, Tokyo – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi hadiri serah terima kunci Gedung KBRI Tokyo dari pihak kontraktor Jepang sebagai penanda berakhirnya pembangunan Gedung KBRI Tokyo pada Jumat 17 November 2023.

“Alhamdulillah, hari ini kami menerima kunci Gedung KBRI Tokyo sebagai penanda berakhirnya seluruh proses pembangunan yang berlangsung sejak April 2021,” ujar Dubes Heri di hadapan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Kepala Biro Perencanaan Organisasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Yulastiawarman dan Kepala Biro Umum Kemlu RI Arianto Surojo turut hadir. Dari pihak kontraktor General Project Manager Taisei Corporation Tomonori Furukawa dan Arsitek dari Kisho Kurokawa, Keisuke Hirata ikut serta.

“Gedung baru KBRI Tokyo ini dibangun dengan standar kualitas gedung di Jepang yang tahan gempa dan sarat dengan simbol serta visual yang melambangkan kebhinekaan dan kekayaan seni budaya Indonesia. Keberadaan gedung Perwakilan RI di Jepang ini menjadi simbol eratnya persahabatan kedua negara,” ujar Heri.

Pembangunan Gedung KBRI Tokyo seluas 5.056 meter persegi ini dilakukan berdasarkan hasil inspeksi dan rekomendasi dari otoritas terkait di Jepang.

“Hal ini mengingat sebagian besar bangunan KBRI Tokyo yang sebelumnya dibangun sejak tahun 1950-an belum tahan gempa,” Heri menambahkan.

Diketahui, KBRI Tokyo menggandeng perusahaan kontraktor Taisei Corporation untuk pembangunan gedung. Sementara untuk desain dan konsultan supervisi dilakukan oleh perusahaan Kisho Kurokawa Architect and Associates. (imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini