Entikong Jadi Wilayah Perbatasan Tersibuk di Libur Nataru

Elektoral.id, Jakarta – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mendata ada 64.471 pelintas tercatat melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) wilayah darat, yang tersebar di perbatasan negara pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Rekapitulasi data tersebut dihitung dalam periode 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dari https://tasbara.bnpp.go.id/. Total pelintas pada masa libur Nataru terdiri atas jumlah kedatangan dan keberangkatan di 8 PLBN yang aktif beroperasi.

Jumlah akumulasi total kedatangan pada masa libur Nataru tercatat sebanyak 31.929 orang, yang terdiri atas 9.129 Warga Negara Asing (WNA) dan 22.800 Warga Negara Indonesia (WNI).

Sedangkan jumlah akumulasi keberangkatan pada libur Nataru tercatat sebanyak 32.542 orang, yang terdiri atas 10.124 WNA dan 22.418 WNI.

BNPP juga memonitor, pelayanan aktivitas perlintasan orang di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi paling sibuk di antara beberapa PLBN lainnya.

Jumlah keberangkatan pelintas antarnegara baik WNA dan WNI dari PLBN Entikong tercatat sebanyak 14.306 orang, dan kedatangan pelintas mencapai 13.517 orang.

Sementara itu, keberangkatan pelintas antarnegara yang melewati PLBN Aruk, Kabupaten Sambas, Kalbar tercatat sebanyak 6.883 orang dan kedatangan tercatat sebanyak 6.546 orang.

Sedangkan jumlah keberangkatan pelintas antarnegara yang melewati PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar tercatat 2.010 orang dan jumlah kedatangan tercatat sebanyak 1.889 orang.

Selain di perbatasan negara wilayah Kalbar, BNPP juga memantau pelintas antarnegara baik WNA dan WNI di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Timor Leste.

Jumlah keberangkatan pada PLBN Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat sebanyak 4.790 orang dan jumlah kedatangan tercatat sebanyak 5.492 orang.

Pada PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, NTT, jumlah keberangkatan pelintas tercatat sebanyak 700 orang dan jumlah kedatangan pelintas tercatat sebanyak 657 orang.

Sedangkan pada PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) NTT, jumlah keberangkatan pelintas tercatat sebanyak 829 orang dan jumlah kedatangan pelintas tercatat sebanyak 847 orang.

BNPP juga turut memantau pergerakan pelintas antarnegara pada 2 PLBN di Papua dan Papua Selatan dalam periode libur Nataru.

Pada PLBN Skouw di Kota Jayapura, Papua, jumlah keberangkatan pelintas antarnegara tercatat sebanyak 2.370 orang dan jumlah kedatangan pelintas tercatat sebanyak 2.362 orang.

Sedangkan pada PLBN Sota di Kabupaten Merauke, Papua Selatan jumlah keberangkatan pelintas tercatat sebanyak 648 orang dan kedatangan sebanyak 619 orang.

Selain jumlah keberangkatan dan kedatangan di perbatasan negara, BNPP juga mengamati tren kenaikan pengunjung yang berwisata pada 8 PLBN di perbatasan negara.

Total jumlah pengunjung yang berwisata ke PLBN tercatat sebanyak 5.595 orang pada masa libur Nataru.

PLBN Skouw di Papua menjadi PLBN yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama libur Nataru dengan jumlah pengunjung sebanyak 3.238 orang.

Kunjungan wisatawan ke PLBN Skouw, bersaing dengan tetangganya yakni PLBN Sota di Papua Selatan dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 2.928 orang.

Sedangkan pada perbatasan negara wilayah Kalbar, jumlah kunjungan wisatawan ke PLBN Badau tercatat sebanyak 2.253 orang.

Selain itu, BNPP juga mencatat kunjungan wisatawan ke PLBN Aruk sebanyak 2.150 orang, dan kunjungan wisatawan ke PLBN Entikong tercatat sebanyak 1.946 orang.

Pada perbatasan negara wilayah NTT, jumlah kunjungan wisatawan ke PLBN Wini tercatat sebanyak 1.371 orang. Sedangkan wisatawan yang berkunjung ke PLBN Motaain dan PLBN Motamasin dalam periode libur Nataru, masing masing tercatat sebanyak 944 orang dan 765 orang. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini