Eks Dirpolairud PMJ, Kombes Edfrie Resmi Jabat Asdep di BNPP

Elektoral.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik sejumlah pejabat utama di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (30/1).

Salah satunya mantan Direktur Polairud Polda Metro Jaya Kombes Pol Edfrie R Maith yang kini resmi menjabat sebagai Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kawasan Perbatasan Darat (PKPD) BNPP.

“Ini tentang pentingnya regenerasi dan penyegaran organisasi. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya kekosongan jabatan dan stagnasi organisasi. Apalagi saat ini sebagian pegawai di lingkup Kemendagri dan BNPP ditugaskan sebagai penjabat (Pj.) kepala daerah dengan waktu yang lama, dari yang setahun hingga dua tahun. Itu menunjukkan kalau sistem berjalan,” kata Tito usai melantik di kantornya.

Ia mengungkapkan sistem organisasi berjalan salah satunya ditandai dengan pejabat yang dilantik merupakan orang-orang terbaik. Menurutnya, kriteria baik menurut pimpinan yaitu berdasarkan prestasi, loyalitas, dan pejabat tersebut tidak bermasalah secara hukum. Pejabat dengan kriteria seperti ini akan mempermudah dan menyukseskan visi pimpinan.

“Kelompok yang dikasih tugas apa pun beres, tidak ngomongin pimpinan, gak banyak mengeluh, dan dia gak banyak masalah. Ini, orang-orang seperti ini, itulah yang harus disodorkan,” ujar Tito.

Untuk mencari kelompok dengan kriteria tersebut, lanjut Tito, maka panitia seleksi perlu memilih secara benar dan tepat. Ada proses yang harus dilalui sehingga yang terpilih benar-benar pejabat yang tepat untuk mengisi suatu jabatan. Pejabat itu nantinya juga akan menjadi generasi penerus berikutnya, serta diharapkan memainkan peran yang tidak stagnan.

“Beri kesempatan untuk bisa maju sampai ke eselon I, dan semuanya kembali meskipun [hak] prerogatif pimpinan, Mendagri itu manusia yang punya hati, dan hatinya bisa digerakkan oleh Tuhan. Jadi ketika saya memilih A dari tiga nama, Tuhan yang menggerakkan saya, maka banyaklah berdoa kepada Tuhan,” kata mantan Kapolri itu.

Mendagri berpesan pula kepada pejabat yang dilantik untuk tidak bereuforia dan merasa sombong, melainkan bersyukur kepada Tuhan. Selain itu juga bersyukur dengan cara memberikan bantuan kepada sesama.

“Yang beragama masing-masing banyak doa, berikan bantuan kepada masyarakat, orang yang tidak mampu,” pungkasnya. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini