Cuaca Ektrem, Pemdes Buladu Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Irawan Mangkialo

Penulis: Rinto Lakoro


ELEKTORAL ID, Tutuyan – Curah hujan belakangan ini memantik perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) Bulawan Dua (Buladu), Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2023), Sangadi (Kepala Desa) Buladu, Irawan Mangkialo, mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem, utamanya yang tinggal di bantaran sungai.

“Secara umum masyarakat wilayah Kecamatan Kotabunan dan lebih khusus masyarakat Bulawan Dua, dimana kalau melaksanakan aktivitas sehari-hari, petani, nelayan, agar berhati-hati karena sekarang cuaca ekstrem. Itu imbauan dari pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi, dan untuk masyarakat yang bermukim di pinggir sungai agar lebih waspada karena mengingat curah hujan sekarang sangat tinggi,” ujar Mangkialo, sembari berucap semoga kita selalu dijauhkan dari segala bencana.

Di tempat yang sama Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Buladu, Arif Makalalag, juga mengingatkan masyarakat lebih berhati-hati dengan adanya curah hujan yang tinggi.

“Jadi imbauan pada masyarakat umumnya yang di Kecamatan Kotabunan lebih khusus yang ada di Bulawan Dua dan masyarakat yang di pinggiran sungai agar tetap berhati-hati saat ini, karena cuaca ekstrim dimana apa yang terjadi di Kota Manado itu jadi contoh supaya torang lebih berhati-hati lagi jangan sampai ada kejadian yang serupa yang mengakibatkan kerusakan,” pinta Makalalag.

Untuk masyarakat lingkar sungai lanjut Makalalag, agar lebih berhati-hati karena aliran sungai dan talut-talut yang ada di pinggir sungai sudah tidak kuat.

“Depe daya tahan so mulai rusak dan itu kenyataan sudah terlihat bagaimana kalo guhi-guhi kacili so abis kabawah tu gorong-gorong apalagi kalau guhi basar sehingga itu ancaman bagi masyarakat khususnya yang di pinggir sungai. Jadi harus berhati-hati,’ tandasnya. (RL)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini