Bupati Boltim Buka Latsar CPNS

Penulis: Rinto Lakoro


ELEKTORAL ID, Tutuyan – Bupati Bolaang Mongondow Timur, DR. (cand). Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Kamis, (19/10/2003).

Agenda tersebut bertempat di Balai Pelatihan Pertanian Kalasey Manado.

Bupati Sachrul mengesankan pelatihan yang diikuti CPNS merupakan proses pembentukan karakter CPNS yang berakhlak, menanamkan kedisiplinan serta menjaga integirtas dalam pelaksanaan tugas.

“Pelaksanaan Diklat ini untuk menanamkan karakter prinsip-prinsip dasar, berakhlak, memiliki pengetahuan. Kalian dipersiapkan menjadi pemimpin kelak. Bisa jadi di antara kalian ada yang akan menjadi Sekda, karena masa depan seseorang tidak bisa diprediksi,” ungkap bupati.

Disebutkan bahwa tidak semua orang bisa menggunakan PIN KORPRI. Sehingga CPNS yang ikut diklat harus bersyukur, karena dari sekian banyak pelamar hanya sedikit yang menjadi ASN.

“ASN cuma ada dua, promosi dan degradasi. Jadi ikuti pendidikan dengan baik jangan sampai kalian tidak lulus. Ini bukan hanya syarat untuk menjadi ASN, namun kalian akan digodok untuk membentuk kedisiplinan. Disiplin itu penting sampai dengan kalian pensiun, tanamkan kejujuran. Jadilah ASN yang menjadi harapan keluarga, nusa dan bangsa,” ujarnya.

Top Eksekutif Boltim ini mengatakan, pelaksanaan Diklat bukan hanya sekadar untuk menggugurkan kewajiban. Namun sebagai bentuk pendidikan guna menanamkan nilai moral dan pentingnya menanamkan integritas bagi CPNS. “Dia mencontohkan, bahwa dalam melaksanakan tugas ketika dipercayakan memegang aset, harus bertanggung jawab dan menjaga asetnya. Pun ketika dikembalikan, maka harus dalam kondisi baik seperti semula,” tuturnya.

“Ini sebagai bentuk integritas, yang harus dilakukan dalam tugas kalian. Kenapa saya sampaikan begini, karena saya ingin kalian akan berhasil dalam melaksanakan tugas. Saya menyayangi kalian dan menganggap kalian adalah anak-anak saya. Saya inginkan yang terbaik dari kalian, ikutilah Diklat ini secara saksama. Saya ucapkan selamat kepada kalian untuk mengikuti pelatihan,” pungkasnya.

Diketahui, pembukaan Latsar didahului laporan kepala BKPSDM Boltim, Abdal Mamonto, SE., dan sambutan Kepala BPSDM Provinsi Sulut diwakili oleh Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial, Dance Lentang, STP, M.Si.

Hadir dalam pembukaan Diksar, Pimpinan dan Anggota DPRD Boltim, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Boltim. (RL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here