BSGo dan Pemda Boltim Teken MoU Aplikasi FMIS

Penulis : Rinto Lakoro


ELEKTORAL.ID, Tutuyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dan PT Bank SulutGo (BSGo) Cabang Tutuyan kini menggunakan aplikasi kas daerah sistem online terintegrasi disebut FMIS produk Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Hal tersebut secara resmi diberlakukan melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., MSi., Kepala Kantor Bank Sulut Cabang Tutuyan Tun Emir Sumba, SE, Ak dan Kepala BPKP Sulut Beligan Sembiring, Rabu (05/04/2023).

Perjanjian kerja sama ini sebagai upaya Pemda Boltim untuk peningkatan pelayanan pengelolaan keuangan daerah mulai dari perencanaan, pengawasan, perekaman, penginputan hingga pembayaran dari kas daerah Pemerintah Kabupaten Boltim. Dengan adanya aplikasi FMIS,  Itu berarti Pemda Boltim tidak hanya bergantung saja pada aplikasi SIPD (Sistim Informasi Pemerintah Daerah) produk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada kesempatan itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto,S.Sos., MSi., menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPKP Sulut sebagai mitra kerja Pemda Boltim.

”Terima kasih kepada BPKP Perwakilan Sulut sangat membantu Kabupaten Boltim dalam penyusunan laporan keuangan dan kegiatan pembangunan Boltim lainnya,” ucap Bupati Sachrul. Dia berharap kedepannya BPKP akan terus melakukan pendampingan, pelatihan dan bimbingan teknis terkait pengelolaan keuangan.

Senada dengan itu,  Bupati juga mengapresiasi Bank SulutGo selaku pengelolah kas daerah terus memberikan pelayanan yang baik kepada Pemda Boltim.

Selanjutnya, dikatakan Kepala Perwakilan BPKP Sulut, Beligan Sembiring bahwa dengan sistem ini diharapkan akan memudahkan dalam hal perencanaan, penganggaran, penatausahaan serta pengawasan APBD Kabupaten Boltim. Namun menurutnya, sangat dibutuhkan SDM yang berkualitas dalam menjalankan aplikasi ini, ”Seperti yang disampaikan bapak Bupati, untuk menciptakan SDM yang unggul harus melalui diklat atau bimtek,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala BSGo Cabang Tutuyan Tun Emir Sumba, SE, Ak, menambahkan bahwa pihak BSGo tentu sangat terbantu dengan adanya aplikasi baru sistem online terintegrasi FMIS terhadap pengelolaan keuangan Pemda Boltim. Kata Emir,  BSGo sebagai pengelolah kas daerah Boltim tentunya akan lebih mudah dan cepat melakukan penginputan dan pembayaran kepada SKPD, ASN juga pihak ketiga sesuai dengan mekanisme dan sistem keuangan yang berlaku.

”Bank SulutGo pastinya akan menindak lanjuti hasil MoU tersebut dengan pelayanan yang lebih maksimal kepada Pemda,” jelas Sumba. (RL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini