BPIP Dukung Penuh Upaya Cooling System Polri

Elektoral.id, Jakarta – Sekretaris Dewan Pengarah (DP) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mendukung komitmen serius dan langkah Polri dengan operasi nusantara cooling system menjelang Pemilu 2024.

“Sebagai upaya meminimalisir terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat menjelang dan sesudah Pemilu,” kata Wisnu dalam menghadiri rapat koordinasi ‘Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024’ di Jakarta baru-baru ini.

Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) itu mengimbau kepada masyarakat untuk menghormati satu sama lain meski berbeda pilihan di Pemilu 2024. “Demi menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak mudah terprovokatif oleh isu-isu SARA yang dapat memecah belah masyarakat,” ujarnya

Sementara, Wakabareskrim Polri Irjen Asep Edi Suheri mengungkapkan operasi tersebut sebagai upaya mengedepankan preemtif dan preventif, untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang SARA, baik yang terjadi di tengah masyarakat maupun di ruang Siber.

“Pola Operasi NCS dengan sasaran mengantisipasi potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata. Target operasinya orang, kelompok, tempat kegiatan, dan benda. Serta cara bertindak dengan deteksi, pembinaan masyarakat, patroli dialogis dan patroli siber, serta sosialisasi dan bantuan operasi,” ujar Asep yang juga Kepala Ops Nusantara Cooling System 2024.

Polri berharap dapat berdampak positif di masyarakat dan semangat untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perbedaan pilihan pada pesta demokrasi.

“Mari bersama Polri kita wujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai, serta menjaga bersama persatuan dan kesatuan Bangsa,” ia menuturkan.

Dalam rapat tersebut, NCS tidak hanya sekadar teknologi pendinginan, melainkan juga instrumen literasi untuk masyarakat. Tujuan utamanya adalah memberikan pemahaman yang lebih baik kepada publik mengenai peran NCS dalam menciptakan lingkungan yang kondusif selama Pemilu,

“Bagaimana menjelaskan manfaatnya, dan membangun kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi,” kata Asep.

NCS juga diharapkan dapat meredakan potensi konflik, menumbuhkan dialog yang konstruktif, dan menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi masyarakat secara positif selama periode pemilihan.

Selain itu, NCS juga memiliki peran vital dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta menjadi sarana untuk merajut keberagaman masyarakat.

“Pelaksanaan setiap tahapan hingga Pemilu dan setelah pelaksanaan Pemilu 2024 situasi tetap aman, kondusif dan damai,” Asep menambahkan. (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini