Apresiasi Semangat Teruna Menuju KMAN VI, Kang Nochi: Ini Waktunya Para Pemuda

Penulis : Hendro Karundeng
Editor : Rikson Karundeng


ELEKTORAL.ID, Jayapura – Tetua adat suarakan kekagumannya terhadap para teruna yang berlayar ke Tanah Papua untuk mengikuti Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI. Apresiasi itu merespons semangat para pemuda adat dalam kontingen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dari berbagai wilayah yang berlayar seberangi lautan dengan KM Sinabung.

KMAN VI yang kali ini diadakan di wilayah adat Tabi, Jayapura, Papua, diikuti masyarakat adat se-Nusantara, salah satunya Banten.

“Kami sangat senang dan ikut bersemangat melihat ternyata banyak sekali pemuda yang ikut dalam kongres kali ini. Semangat para pemuda sangat hebat menurut saya. Selama beberapa hari bersama di atas kapal, tak ternilai semangat mereka,” kata Henriana Hatra yang akrab disapa Kang Nochi, tetua adat dari Komunitas Kasepuhan Cisungsang Banten Kidul yang turut berlayar bersama dengan kontingen AMAN Banten ke Papua, Kamis (20/10/2022).

Kang Nochi juga mengatakan, ini kesempatan para pemuda agar lebih bisa banyak belajar soal budaya dan gerakan masyarakat adat.

“Saya rasa juga ini kesempatan yang sangat bagus bagi para pemuda. Saya selalu katakan begini, ini waktunya anak muda suarakan aspirasi mereka, karena bonus demografi mereka sangat luar biasa,” jelasnya.

“Pemuda adat merupakan bibit unggul dari masyarakat adat yang menurut saya di wilayah manapun sama. Inilah waktu yang tepat bagi para pemuda untuk unjuk gigi,” sambungnya.

Selain itu, tokoh penggerak AMAN ini berharap agar nanti ke depannya kongres bisa menumbuhkan generasi masyarakat adat yang lebih hebat.

“Harapan kami, semoga nanti setelah kongres, semua peserta apalagi para pemuda, bisa menjadi masyarakat adat yang lebih hebat,” tutupnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here