Ada 42 Adegan Pembunuhan Ayah kepada 4 Anaknya di Jagakarsa

Elektoral.id, Jakarta – Polres Metro Jakarta Selatan telah melaksanakan kegiatan rekontruksi kasus tindak pidana pembunuhan seorang ayah Panca Darmansyah (41) terhadap empat anaknya yang terjadi di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro menyebut ada 42 adegan rekontruksi yang dilakukan penyidik di rumah kontrakan tersangka.

“Di mana tujuan rekontruksi ini untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap tindak pidana yang terjadi dan menjadi perhatian di masyarakat,” ujar AKBP Bintoro kepada wartawan di kantornya, Jumat 23 Desember 2023.

Ia menjelaskan hasil rekonstruksi tersebut menjadi alat bukti tambahan di dalam memberikan masukan dan membuat terang tindak pidana yang terjadi sehingga di persidangan nanti bisa memberikan keyakinan pada hakim dalam memutuskan tindak pidana yang terjadi,” katanya.

Dalam rekonstruksi tersebut, penyidik menganalisa ada adegan inti yang berfokus pada saat tersangka membunuh anak-anaknya. Bintoro mengungkapkan 42 adegan dilakukan secara berurutan.

“Termasuk dari kegiatan si pelaku melaksanakan kegiatan KDRT yaitu penganiayaan terhadap istrinya,” ucapnya.

Dari reka adegan diketahui gambaran pada saat hari Sabtu (2/12) dini hari yakni terjadinya kekerasan dalam rumah tangga sampai tersangka melakukan tindak pidana pembunuhan secara bergantian satu persatu terhadap empat korban.

“Jadi secara terang tadi bisa digambarkan bagaimanq pelaku melakukan persitiwa tersebut,” ujar Bintoro.

Ia menyebut ada 10 adegan yang menggambarkan tersangka melakukan KDRT. “Sisanya sebanyak 32 adegan adalah kasus pembunuhan,” Bintoro menambahkan.

Kasus pembunuhan keluarga Jagakarsa ini diduga kuat karena motif cemburu tersangka terhadap istrinya DM. Tersangka bahkan sempat menuliskan pesan melalui laptop.

“Garis besarnya yang bersangkutan merasa kecewa terhadap istrinya dan menyampaikan bahwa mungkin istri akan puas kalau seiringnya yang bersangkutan cuma sendirian jadi bisa bebas,” Bintoro menjelaskan.

Sebelumnya, warga Jagakarsa digegerkan empat bocah ditemukan meninggal dunia dalam kondisi terkunci di sebuah kamar di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12). (Imo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini